Friday, January 29, 2010

Gaung Demo 100 Hari SBY-Boediono Hingga Austria

Kamis, (28/1/2010) kemarin, media Austria mengekspose demonstrasi 100 hari yang terjadi di Indonesia. Paling tidak itu terlihat terus menerus dari monitor video gratis yang terpasang di setiap stasiun subway di Wina.
Setiap hari monitor itu menjadi tontonan gratis bagi warga Austria yang ingin melihat perkembangan dunia. Hanya kejadian-kejadian menonjol di dunia  yang dianggap punya nilai berita yang ditayangkan dalam monitor itu. Atau lebih tepatnya, yang bersifat sensasional.
Selama kurang lebih 1 menit, video tanpa suara itu juga memuat gambar para
demonstran Indonesia yang protes di depan Istana. Setiap kereta subway datang, video itu akan mati. Kemudian akan menayangkan kembali gambar gambar berita demonstrasi.
Sayang seribu sayang, gambar gambar yang ditayangkan oleh monitor yang difasilitasi oleh Wiener Linien, perusahaan operasional subway di Wina, adalah betapa para demonstran Indonesia begitu anarkis. Dari membakar ban, aksi dorong dorongan dengan polisi, menguasai mobil-mobil milik pemerintah seperti truk pembawa BBM, dan berbagai jenis aksi yang merugikan.
Dalam video itu ditulis bahwa Presiden Indonesia SBY diminta turun oleh demonstran. Gambar SBY juga nampang tengah berpidato saat berada di Banten meresmikan PLTU. Terakhir, gempa di Padang pada September lalu muncul juga dalam monitor itu.
Bagi warga Wina, penayangan no comment video (video tak bersuara) itu sedikit banyak memberi pengetahuan sekaligus membentuk persepsi kepada negara bersangkutan dalam video. Maklum, tidak semua warga di Austria mempunyai akses ke jaringan berita internasional seperti CNN atau BBC.
Video itulah yang menjembatani. Sayang, setiap berita tentang Indonesia, yang nongol hanyalah yang berbau tragedi atau negatif saja.




Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Blogputrasekarbali. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni.

Link Sahabat Putrasekarbali

BANNER SAHABAT

Buat Sobat yang mau pasang Banner di sini, silahkan tinggalkan alamat banner anda di buku tamu atau di kolom komentar blog ini, buat yang sudah pasang bannernya disini, terimakasih dan salam persahabatan dari Putrasekarbali


PUTRASEKARBALI © Putrasekarbali Melajah Ngae blog, pang sing orahange blog, nu masi blog