Monday, July 12, 2010

Khasiat Tanaman

Kencur

 

Banyak bahan2 disekitar kita yg bisa dijadikan obat keluarga, untuk menurunkan berat badan, menggemukkan badan dan berbagai manfaat lain sebagai obat natural / herbal . Berikut secara bersambung saya akan menulis tanaman obat tradisional  dari bahan yang ada di sekitar kita : bumbu dapur dan tanaman hias : kencur, kunyit, jahe, bunga tapak dara, bunga melati, bunga tai kotok dan masih banyak yg bisa dijadikan obat tradisional menyembuhkan berbagai penyakit.

clip_image002

Tanaman Kencur - Kaempferia galanga

Kali pertama saya bahas tentang tanaman kencur.
Kencur (Kaempferia galanga, Linn) atau nama lokalnya di masing2 daerah sbb: Cikur (Sunda), Ceuko (Aceh); Kencor (Madura), Cekuh (Bali), Kencur, Sukung (Minahasa); Asauli, sauleh, soul, umpa atau cangkor (Ambon), Cekir (Sumba).  Nama lainnya : Lesser galangal or Alpinia officinarum (synonym Languas officinarum),  Sand ginger, Aromatic Ginger or Resurrection Lily.

Temukan Obat Alami, Praktis dan Berkhasiat tanpa efek sampingan

Saya suka tanaman ini dan menanamnya di halaman maupun pot sebagai tanaman hias karena bunga dan daunnya juga cantik sebagai tanaman hias.  Kencur mudah ditanam, sebaiknya anda menyempatkan waktu menanam kencur di halaman atau kalo gak ada halaman tanam aja di pot.
Kencur gak perlu perawatan ekstra.  Cukup menanam rimpang / rhizomenya ke dalam tanah di tempat terbuka, jangan terlalu basah. Tanah dengan air yg tergenang tdk disukai kencur.  Kencur akan subur dan bagus tumbuhnya di musim hujan.
Selain untuk bumbu masakan spt urap, karedok, dan banyak lagi, kencur bisa dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit2 beikut ini :

Obat alami Influenza dan Batuk pada bayi
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun
kemukus (lada berekor/ Cubeb) tumbuk halus,tambahkan beberapa sendok air hangat.  Oleskan diseputar hidung bayi.
Untuk batuk : kencur dibersihkan kulitnya, diparut dan peras, ambil sarinya, tambahkan 1 sendok air hangat, diminumkan ke bayi (ini utk bayi yang sdh makan MPASI ya, kalo yg masih ASI eksklusif hanya berikan asi saja, atau 1 tetes sari kencur dicampur ASI)
Radang Anak Telinga
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala ditumbuk halus, diberi 2 sendok air hangat dan dibalurkan diseputar hidung.

Obat Batuk
1 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring, tambahkan garam secukupnya. Diminum hangat 1 – 3x / hari.
Bisa juga dengan mengunyah kencur segar (ini kalo kuat tahan pedes dan bau kencur), kunyah aja kencur dan diisap sarinya, ampasnya dibuang.  Sangat ampuh, sy selalu menggunakan cara ini.

Obat Radang Lambung dan masuk angin.
Untuk radang lambung :2 rimpang kencur sebesar ibu jari. dibersihkan dan dikunyah spt untuk obat batuk, ampasnya dibuang kemudian minum segelas air.  Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.
Untuk masuk angin : kencur dimakan dengan garam, bagaikan lalapan kemudian minum segelas air putih. Lakukan pagi dan malam.

Ramuan untuk menurunkan berat badan / melangsingkan tubuh.
2 rimpang kencur dibersihkan, parut, ambil sarinya, tambahkan madu.  Minum secara teratur pagi dan malam.  Ini sudah dicoba seorang teman dan berhasil.

Obat alami Sakit Kepala
2-3 lembar daun kencur ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres/pilis pada dahi.

Obat Diare
2 rimpang kencur sebesar ibu jari diparut, tambahkan 1 cangkir air hangat dan garam secukupnya, diperas dan disaring. Oleskan pada perut sebagai bedak pilis / kompres.

Menghilangkan Lelah.
1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah.  Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Minum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk  pria bisa ditambah dengan 1 potong lengkuas  lada secukupnya.

Menghilangkan Darah Kotor
4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering,  adas pulawaras secukupnya.
Semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring.  Minum 2 kali sehari secara teratur.

Ramuan Memperlancar haid
2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua, adas pulawaras secukupnya.
Caranya : kencur dicincang, kemudian dicampur dengan bahan lain dan direbus bersama 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.
Minum sekali sehari 2 cangkir sekaligus.

Mata Pegal
1 potong rimpang kencur dibelah menjadi 2 bagian. Permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata.

Tapal untuk Keseleo
1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. Kedua bahan tersebut dipipis dgn air secukupnya. Oleskan/digosokan pada bagian yang  keseleo sebagai parem / bedak.

 

Sumber: Ibu Jempol.com


Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Blogputrasekarbali. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni.

Link Sahabat Putrasekarbali

BANNER SAHABAT

Buat Sobat yang mau pasang Banner di sini, silahkan tinggalkan alamat banner anda di buku tamu atau di kolom komentar blog ini, buat yang sudah pasang bannernya disini, terimakasih dan salam persahabatan dari Putrasekarbali


PUTRASEKARBALI © Putrasekarbali Melajah Ngae blog, pang sing orahange blog, nu masi blog