Dibandingkan tagihan konvensional dengan surat kertas, pelanggan yang telah beralih menggunakan metode e-billing atau tagihan elektronik, ternyata bisa menyisihkan Rp 500 untuk setiap tagihan yang diterimanya.
Dana yang berhasil disisihkan memang tak serta-merta dikembalikan kepada pelanggan dalam bentuk refund. Namun oleh Indosat Mega Media (IM2), salah satu perusahaan yang mengimplementasikannya, dana tersebut disalurkan untuk pelestarian lingkungan.
"Dengan e-billing, pelanggan kami telah menyumbang Rp 500 per tagihan, dan lebih jauh lagi menyelamatkan lingkungan hidup melalui pengurangan penggunaan kertas alias paperless," tutur Andri Aslan, Corporate Secretary IM2, di Jakarta, Rabu (27/1/2010).
IM2 yang telah menerapkan e-billing kepada pelanggan internet broadband dan internet dial-up sejak Juli 2008, telah menyalurkan dana tagihan yang disisihkan untuk menanam 2.000 pohon di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan 1.500 pohon bakau di Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Kepulauan Seribu.
"Sumbangan pelanggan yang diperoleh melalui e-billing dikemas oleh IM2 melalui program corporate social responsibility bertajuk Let’s Go Green," ujar sang Corporate Secretary.
Menurut dia, IM2 hingga Januari 2010 telah memiliki 800 ribu pelanggan yang mayoritas menggunakan layanan internet broadband 3G. "Sekitar 6,25% atau 50 ribu pelanggan IM2 telah menggunakan layanan e-billing," pungkas Andri kepada detikINET.
Dana yang berhasil disisihkan memang tak serta-merta dikembalikan kepada pelanggan dalam bentuk refund. Namun oleh Indosat Mega Media (IM2), salah satu perusahaan yang mengimplementasikannya, dana tersebut disalurkan untuk pelestarian lingkungan.
"Dengan e-billing, pelanggan kami telah menyumbang Rp 500 per tagihan, dan lebih jauh lagi menyelamatkan lingkungan hidup melalui pengurangan penggunaan kertas alias paperless," tutur Andri Aslan, Corporate Secretary IM2, di Jakarta, Rabu (27/1/2010).
IM2 yang telah menerapkan e-billing kepada pelanggan internet broadband dan internet dial-up sejak Juli 2008, telah menyalurkan dana tagihan yang disisihkan untuk menanam 2.000 pohon di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan 1.500 pohon bakau di Suaka Margasatwa Pulau Rambut, Kepulauan Seribu.
"Sumbangan pelanggan yang diperoleh melalui e-billing dikemas oleh IM2 melalui program corporate social responsibility bertajuk Let’s Go Green," ujar sang Corporate Secretary.
Menurut dia, IM2 hingga Januari 2010 telah memiliki 800 ribu pelanggan yang mayoritas menggunakan layanan internet broadband 3G. "Sekitar 6,25% atau 50 ribu pelanggan IM2 telah menggunakan layanan e-billing," pungkas Andri kepada detikINET.
0 comments:
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Post a Comment
Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Blogputrasekarbali. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni.