Kamis, Juli 15, 2010

Belajar Bahasa Bali

B
elajar bahasa daerah khususnya bahasa bali merupakan keharusan kita semua, karena kita tentu tak ingin bahasa daerah kita lenyap karena di gerus oleh zaman modernisasi seperti saat ini. Mengapa saya katakan seperti itu karena pada zaman sekarang ini pendidikan bahasa daerah sudah jarang di terapkan di lingkungan keluarga, di mana pada saat ini kebanyakan orang tua di era ini sudah tidak lagi mengajarkan kepada buah hatinya bahasa daerahnya tetapi lebih cendrung ke bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, baik memang belajar bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tetapi perlu di ingat kalau kita tidak berusaha mendidik anak – anak kita dengan bahasa daerahnya,terus suatu saat dia ditanya oleh orang dari daerah lain, apakah cukup dengan berkata saya ini orang bali….? bisa bahasa bali tidak …? lalu bagai mana menjawabnya…tentu  kita tidak ingin di anggap bali cuma ktpnya saja bukan..?, Maka dari itu melalui tulisan ini saya ingin mengingatkan kepada kita semua sedari sekarang mari kita  lestarikan,bahasa,adat, seni serta budaya leluhur kita.
Belajar Bahasa Indonesia juga penting karena itu merupakan bahasa nasional negara kita, bahasa Ingris dan bahasa negara-negara lain juga penting tetapi saya hanya mengingatkan agar kita jangan sampai melupakan adat tradisi seni dan budaya kita.
Mari kita belajar bahasa bali….seperti pepatah di mana kaki berpijak di sana langit di jungjung artinya kita diharapkan ataupun musti bisa beradaptasi dengan lingkungan di mana kita berada agar sistem kekerabatan di antara kita semakin terjalin dengan baik dan semakin akrab.
Sebelumnya izinkanlah saya memohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan di dalam penyampain tulisan ini
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua

 

basa bali

basa madya

bahasa Indonesia

bahasa Inggris

mai

meriki

kesini

here

nyen adane..?

Sira wastane

Siapa Nama-mu

what's your name

lakar pesu ki ja

pacang lunga ki ja

mau pergi kemana

want to go anywhere

ke peken

ke pasar

ke pasar

to market

mebelanja

metumbasan

berbelanja

go shopping

melali

melancaran

jalan-jalan

walk

meli sayur

numbas sayur

membeli sayur

buy vegetables

de kemu

sampunang merika

jangan kesana

Do not go there

ngeling

nangis

menangis

cry

lega

seneng / liang

senang/gembira

happy/excited

medaar

ngajeng

makan

eat


Related Articles



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Blogputrasekarbali. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni.

Link Sahabat Putrasekarbali

BANNER SAHABAT

Buat Sobat yang mau pasang Banner di sini, silahkan tinggalkan alamat banner anda di buku tamu atau di kolom komentar blog ini, buat yang sudah pasang bannernya disini, terimakasih dan salam persahabatan dari Putrasekarbali


BLOGPUTRASEKARBALI © Putrasekarbali Melajah Ngae blog, pang sing orahange blog, nu masi blog