Monday, July 12, 2010

Khasiat Tanaman

Manfaat Tanaman Beluntas

clip_image001

Beluntas mempunyai nama lain di beberapa daerah, untuk di sunda di kenal dengan nama baruntas atau baluntas, kalau di jawa sering di sebut dengan luntas sedang di makasar di kenal dengan lamutasa. Daun beluntas untuk masayarakat jawa di kenal sebagai sayuran yang bisa mengurangi bau badan sama seperti kemangi, namun daun yang mempunyai rasa getir dan aroma yang khas ini ternyata mempunyai manfaat yang lain selain bisa mengurangi bau badan.
Dalam daun beluntas terkandung alkaloid, flavonoid, tanin, minyak atsiri, kalsium, asam chlorogenik, natrium , magnesium dan fosfor
Karena khasiatnya, tanaman beluntas sudah sejak lama di jadikan sebagai bahan pengobatan tradisional, untuk memperoleh manfaatnya, berikut resep - resep tradisional dari tanaman beluntas yang bisa kita coba :

  • Mengobati Demam

Caranya : Seduh 15 g daun beluntas segar dengan air panas, diamkan sejenak kemudian minum airnya. Atau bisa juga dengan mengukus 100 g daun beluntas segar hingga matang yang kemudian di makan bersama nasi pagi dan sore.

Caranya : Rebus 15 g daun beluntas, 5 g buah pinang dan garam dapur seujung sendok teh dengan 3 gelas air sampai tersisa sekitar 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya 2 kali sehari masing - masing 1 gelas.

  • Mengatasi Rematik

Caranya : Rebus 15 g akar beluntas yang sudah di cuci bersih dengan 3 gelas air sampai lunak. Selagi hangat makan akar tersebut, lakukan tiap hari untuk hasil maksimal.

  • Mengobati Keputihan

Caranya : Rebus 20 lembar daun beluntas, 4 potong temulawak kering, 4 ruas jari kunyit, seruas jari kencur dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari pagi dan malam hari masing - masing 1/2 gelas.

  • Mengobati Hipertensi

Caranya : Rebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula hingga mendidih, kemudian minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

  • Mengatasi Haid Tidak Teratur

Caranya :  Tumbuk sampai halus 2 genggam daun beluntas, kemudian tambahkan 2 gelas air masak dan garam sebesar biji asam. Selanjutnya peras dan saring lalu di minum 3 kali sehari masing - masing 1 gelas.
** Sumber gambar


Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Blogputrasekarbali. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni.

Link Sahabat Putrasekarbali

BANNER SAHABAT

Buat Sobat yang mau pasang Banner di sini, silahkan tinggalkan alamat banner anda di buku tamu atau di kolom komentar blog ini, buat yang sudah pasang bannernya disini, terimakasih dan salam persahabatan dari Putrasekarbali


PUTRASEKARBALI © Putrasekarbali Melajah Ngae blog, pang sing orahange blog, nu masi blog