Tuesday, February 09, 2010

Psikologi



Agar Anak Belajar Berinisiatif
Masaini terjadi di usia sekitar tiga hingga lima tahun. Bila pada usia-usiasebelumnya reaksi emosi anak ditangani dengan baik, ia akanmengembangkan kemampuan berimajinasi atau berfantasi dengan sehat pula.

Iajuga akan mampu bekerja sama dengan orang lain dalam jangka waktu lama,serta dapat memimpin dan mengikuti pemimpin. Tetapi di usia ini anakjuga mengalami ketakutan, tergantung pada teman sekelompoknya, danmasih terlalu tergantung pada orang dewasa.

Anak usia ini pahambahwa dorongan-dorongan emosinya memiliki konsekuensi. Kalau iamengatakan, "Aku benci kamu!. Ia akan mengaitkan kata-katanya tadidengan wajah sedih yang ditampilkan lawan bicaranya.

Inimemberinya kemampuan untuk merencanakan dan mengantisipasi. Ia mampumemisahkan mana perasaannya, mana perasaan orang lain, dan dampaknyaterhadap perasaannya sendiri.

Masalah emosi yang bisa munculpada usia-usia ini adalah fobia, mimpi buruk, gangguan pada bicara,mengompol, takut binatang, membayangkan monster dan takut terluka.

Related Articles



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih, komentar anda sangat berarti bagi Blogputrasekarbali. Isi pendapat anda tentang blog ini di Testimoni.

Link Sahabat Putrasekarbali

BANNER SAHABAT

Buat Sobat yang mau pasang Banner di sini, silahkan tinggalkan alamat banner anda di buku tamu atau di kolom komentar blog ini, buat yang sudah pasang bannernya disini, terimakasih dan salam persahabatan dari Putrasekarbali


PUTRASEKARBALI © Putrasekarbali Melajah Ngae blog, pang sing orahange blog, nu masi blog